Eduversal Gelar "Komodo Math Festival 2022" untuk Perkuat Kompetensi Numerasi

KOMPAS.com – Eduversal Indonesia kembali menghadirkan ajang kompetisi matematika tingkat internasional bertajuk Komodo Math Festival 2022 yang akan digelar pada 29 Januari – 16 April 2022. 

 

Komodo Math Festival 2022 merupakan ajang internasional lanjutan dari EMC (Eduversal Mathematics Competition) yang memiliki rangkaian kegiatan lebih beragam dibandingkan ajang-ajang sebelumnya.

 

“Event Komodo Math Festival ini diselenggarakan pertama kali tahun ini, namun merupakan pengembangan dari program international mathematics competition (i-emc) yang sudah diselenggarakan dua kali tahun 2020 dan 2021,” ungkap Ade Kiki Ruswandi, Project Manager Komodo Math Festival.

 

Ia menyampaikan, pihaknya menargetkan tahun ini Komodo Math Festival dapat diikuti siswa dari 75 negara. Dalam kegiatan sebelumnya, sebanyak 1.500 peserta dari 64 negara turut berpartisipasi. Yang menarik, Komodo diambil menjadi maskot utama kompetisi matematika internasional yang diselenggarakan Eduversal Indonesia yang tahun ini mengangkat tema “A Playing Ground for Agile Young Minds”.

 

“Karakter Komodo dipilih karena hewan asli Indonesia ini memiliki beberapa kelebihan yakni kecakapan, kelincahan, kemampuan merawat diri, dan kemampuan bertahan hidup, yang merupakan sifat-sifat penting di era pandemi sekarang ini,” jelas Kiki kepada Kompas.com melalui pesan singkat (26/1/2022).

 

Kegiatan dan kategori usia Selain kompetisi matematika sebagai kegiatan utamanya, dalam Komodo Math Festival juga terdapat kegiatan puzzle dan kuis mingguan, rangkaian webinar seru tentang matematika, lomba video pengajaran untuk guru, dan banyak lagi.

 

Perkenalkan Matematika sebagai Seni Berlogika Peserta Komodo Math Festival 2022 adalah siswa sekolah dari seluruh dunia dan dapat mendaftar pada salah satu dari empat kategori usia, yaitu: Salamander: sampai usia 10 tahun. Chameleon: sampai usia 12 tahun. Iguana: sampai usia 15 tahun. Dragon: sampai usia 18 tahun.

 

Ada empat bahasa yang akan digunakan dalam kompetisi ini yaitu bahasa Inggris, Rusia, Spanyol dan Indonesia.

 

“Program komodo adalah program bertaraf internasional. Kami ingin memberikan kesempatan untuk semua siswa agar bisa membandingkan kemampuan dengan negara-negara lain dalam aspek matematika,” ujar Kiki.

 

“Tidak hanya itu, kami juga berkeinginan untuk memperkenalkan Indonesia secara internasional. Karenanya kami mengubah namanya dengan Komodo, yang memiliki kekhasan tersendiri,” tambahnya lagi.

 

Dalam kesempatan sama, Kiki menjelaskan tingkat kesulitan soal yang akan diberikan dalam Komodo Math Festival 2022 akan beragam, mulai dari yang mudah hingga yang sulit tipe soal olimpiade.

 

“Harapannya adalah semua peserta dapat mengerjakan soal-soal tipe mudah namun tetap ada tantangan untuk mendapatkan nilai yang sangat baik dan menjadi juara,” kata Kiki.

 

Terdapat dua jenis soal, yaitu pure dan applied. Soal pure adalah soal matematika murni, sedangkan soal applied adalah soal di berbagai macam bidang yang menggunakan matematika dalam penyelesaiannya. Dengan total hadiah senilai lebih dari 70 juta rupiah, peserta dapat memenangkan bermacam-macam gadget seperti Ipad, Samsung Galaxy Tab, Kindle, Airpod, dan Huawei Smartwatch, serta hadiah uang tunai dalam berbagai kegiatan lomba.

 

Jadwal pelaksanaan Komodo Math Festival 2020 terdiri atas:

  • Pendaftaran: 29 Januari 2022 sampai 30 Maret 2022
  • Grand launching: Sabtu, 29 Januari 2022
  • Kompetisi matematika: 9 April 2022
  • Pengumuman pemenang: 16 April 2022

 

Terkait upaya menguatkan kompetensi numerasi di masa PTM terbatas ini, Kiki menyarankan agar sekolah memnerikan siswa porsi latihan yang lebih besar dibandingkan dengan mendengarkan guru dalam menjelaskan materi.

 

“Guru diharapkan untuk menyediakan latihan-latihan yang dikemas dengan menarik. Guru dapat memanfaatkan platform-platform menarik yang dapat membuat anak tertarik mengeksplorasi dan berlatih untuk materi tertentu. Koobits.com., Ixl.com merupakan alternatif yang bisa digunakan,” jelasnya.

 

Selain itu, mengajak siswa mengikuti kompetisi seperti Komodo Math Festival ini juga dapat menjadi alternatif untuk membuat matematika menjadi materi pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa.

 

Informasi lengkap dan pendaftaran Komodo Math Festival 2022 dapat diakses melalui tautan: https://komodomathfestival.com/waiting-list-2022/

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Eduversal Gelar “Komodo Math Festival 2022″ untuk Perkuat Kompetensi Numerasi”, Klik untuk baca: https://www.kompas.com/edu/read/2022/01/26/103343171/eduversal-gelar-komodo-math-festival-2022-untuk-perkuat-kompetensi-numerasi?page=2.
Penulis : Yohanes Enggar Harususilo
Editor : Yohanes Enggar Harususilo

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L

 

organized by

CityWalk Blok A2 No. 6 Jl. Cabe Raya, Pamulang, Tangerang Selatan, Indonesia 15418

(+62) 8228 6000 132 (Whatsapp)
(+62) 21 2274 2380 (Telephone)

© 2022 Eduversal. All rights reserved.